Visi,Misi,Tujuan,Sasaran dan Program


sedang latihan...

Seperti  halnya  setiap  lembaga, MTs NU Kedungwaru  juga mempunyai visi, misi, tujuan, sasaran dan  program-program  sebagai  acuan  untuk melaksanakan pembelajan, lebih  lengkapnya  sebagaimana tabel  berikut....




Visi
Indikator
Misi
Tujuan
Sasaran
Program
Menjadi Lembaga Pendidikan Islam
Ø  Setiap warga madrasah memiliki iman yang kuat, sesuai dengan ajaran Islam.
Ø  Melaksanakan shalat sesuai ketentuan syari’at Islam dan tepat waktu
Ø  Melaksanakan puasa sesuai ketentuan syariat Islam.

Ø  Menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada seluruh warga madrasah.

Ø  meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Ø  Peserta Didik kelas VII, VIII, dan IX terbiasa belajar secara aktif,
Ø  Peserta Didik kelas VII, VIII, dan IX terbiasa belajar secara  kreatif,
Ø  Peserta Didik kelas VII, VIII, dan IX mampu berinovasi dan menemukan sendiri dalam pembelajaran  sehingga  sifat-sifat seperti keberanian  mengutarakan pendapat dll dapat di peroleh.
Ø  Kegiatan Belajar mengajar sesuai dengan Kalender akadenik MTs NU Kedungwaru.
Ø  Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered learning).


Ø  Membayar zakat fitrah dengan benar sesuai ketentuan syari’at Islam.
Ø  Mengucapkan kalimat thayibah dalam menghadapi berbagai peristiwa.
Ø  Membaca Al Quran setiap selesai shalat jama’ah.
Ø  Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam menurut faham Ahlus sunnah wal jama'ah melalui kegiatan nyata dan terprogram.


Ø  Nilai rata-rata  semester  peserta didik selalu mengalami peningkatan.
Ø  Peserta didik mempunyai sifat Jujur.
Ø  Selalu rapi dalam berpakaian
Ø  Hormat kepada orang tua, guru dan teman
Ø  Terbiasa melaksanakan Senyum, Salam dan Sapa.
Ø  antara lain CTL, PAKEM, PAIKEMI GEMBROT EDAN ( Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Menyenangkan Islami Gembira Berbobot  Enak dan Nyaman ).
Ø  layanan bimbingan dan konseling.

Bermanhaj salaf ahlussunah waljama’ah
Ø  Setiap warga madrasah mengamalkan ajaran Islam dengan benar menurut faham salaf ahlus sunnah wal jama’ah.
Ø  Setiap warga madrasah memiliki akhlaqul karimah.
Ø  Mahir menghafal dan membaca  lafadz-lafadz dan do’a tahlil

Ø  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efesien sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki .

Ø  Membentuk Generasi Thalibul 'Ilmi yang bermanhaj Salaf ahlussunah waljama’ah dalam Berakidah, Beribadah, Berakhlaq, Bermuamalah, Berdakwah Berprestasi dan  Berbudi daya
Ø  Peserta Didik kelas IX terbiasa wudlu, shalat jama’ah, dan dzikir sesuai ketentuan syariat Islam.
Ø  Peserta Didik Kelas VII melaksanakan puasa ramadhan sesuai ketentuan syariat Islam dan rajin melaksanakan shalat tarawih dan terlatih melaksanakan tadarus Al Quran;
Ø  Kelas VIII membayar zakat fitrah sesuai ketentuan syar’at Islam dan terlatih membagi zakat kepada 8 asnaf;
Ø  Kelas IX membayar zakat fitrah sesuai ketentuan syariat Islam dan terlatih menjadi panitia zakat di madrasah;
Ø  Wajib Jamaah sholat Dzuhur
Ø  Pembentukan Panitia penerimaan zakat fitrah.
Ø  Pengumpulan zakat fitrah
Ø  Pembagian zakat fitrah
Yang Unggul  dan Amanah
Ø  Peroleh NUN dan nilai murni semester selalu mengalami peningkatan.
Ø  Setiap warga madrasah memiliki ilmu pengetahuan yang unggul dalam nilai akademik dan non akademik.
Ø  Setiap warga madrasah memiliki ketrampilan (life skill) untuk menghadapi tantangan zaman.
Ø  Setiap warga madrasah melestarikan budaya Islam dan budaya bangsa.

Ø  Menumbuh kembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada seluruh warga madrasah Menumbuhkembangkan semangat keunggulan (budaya kompetitif) secara intensif kepada seluruh peserta didik sebagai upaya pennguasaan ilmu pengetahuan.


Ø  Peserta didik Kelas VII terbiasa mengucapkan salam kepada seluruh civitas madrasah dan membaca asmaul husna dan berdo’a sebelum belajar.
Ø  Peserta didik Kelas VIII terbiasa mengucapkan salam kepada seluruh civitas madrasah, membaca asmaul husna dan berdo’a, berdoa ketika masuk dan keluar kamar kecil;
Ø  Peserta didik Kelas IX terbiasa mengucapkan salam kepada seluruh civitas madrasah, membaca asmaul husna dan berdo’a, berdoa ketika masuk dan keluar kamar kecil, mendoakan rekan yang bersin dan membaca tarji’ setiap mendapat masalah/musibah.
Ø  Melaksanakan 3S di madrasah (Salam, Senyum, Sapa).
Ø  Berdoa dengan asmaul husna dan doa sebelum belajar.
Ø  Pembiasaan pengucapan kalimat-kalimat thotibah.

Ø  Nilai Disiplin dalam kehidupan madrasah, meliputi ; masuk madrasah, mengikuti KBM, istirahat, pulang dari madrasah, dan mengikuti kegiatan ektra kurikuler).
Ø  Nilai rata-rata UN berada diperingkat 10 besar kabupaten
Ø  Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk menggali potensi dirinya agar terjadi keseimbangan antara "Integensia Quistions", "Emosional Quistions" dan "Spiritual Quistions" yang dimiliki.


Ø  Peserta didik Kelas VII  hafal Lafadz-lafadz Tahlil dengan benar.
Ø  Peserta didik Kelas VIII hafal Lafadz do’a Tahlil dan beberapa surat dalam al-qur’an dengan benar
Ø  Peserta didik Kelas IX mampu mempraktekkan teori berceramah dan berpidato dengan benar
Ø  Peserta Didik Siswa menghafal dengan cara ditalqin oleh  guru / ustadznya, bisa divariasikan dengan metode lain.
Ø  Materi  diberikan di jam pelajaran pengembangan diri secara efektif dengan target naik ke kelas 8 sudah bisa menghafal dan membaca dengan baik dan benar.

Ø   
Ø  Melestarikandan mengembang kan olah raga, seni dan budaya yang berlandaskan pada syari'at Islam dan mengembangkan pribadi yang memiliki rasa cinta kepada Tanah Air.
Ø  Menumbuhkembangkan semangat keunggulan (budaya kompetitif) secara intensif kepada seluruh peserta didik sebagai upaya pennguasaan ilmu pengetahuan.


Ø  Setoran Sabak, siswa membacakan terlebih dahulu di hadapan pengampu sambil dibenarkan bila ada bacaan yang salah (untuk menghindari kemungkinan siswa salah menghafal), untuk kemudian siswa menghafal secara mandiri pada saat persiapan.
Ø  Setoran Sabki: 5 baris per pelajaran.
Ø   


Ø  Menumbuhkembangkan semangat keunggulan (budaya kompetitif) secara intensif kepada seluruh peserta didik sebagai upaya pennguasaan ilmu pengetahuan.


Ø  Setoran Manzil: di laksanakan pada saat pemberian nilai ujian akhir semester.
Ø  Praktek  tajwid selain pada mata pelajaran al-qur’an hadist  juga di terapkan pada saat hafalan, pada jam halaqah (masuk jam pelajaran).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar